TUJUAN SEKOLAH
Sesuai dengan visi dan misi sekolah, tujuan SD Islam Cahaya Ilmu adalah mengantarkan siswa untuk :
- Menanamkan aqidah dan pemahaman anak-anak sejak dini tentang agama Islam yang lurus sesuai pemahaman ahlussunnah wal jamaah dari para pendahulu Ummah.
- Menjadi sekolah pelopor dalam pengembangan kurikulum agama yang menitik beratkan pada pembentukan karakter islami (akhlakul karimah).
- Membentuk budaya yang mengamalkan ajaran agama sebagai hasil dari proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan.
- Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan, teknologi dan dasar-dasar agama islam sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.
- Menjadikan masjid sebagai sentral utama pembentukan karakter siswa.
- Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar.
- Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk menyongsong dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
- Menyelenggarakan program Iqra’, Tajwid, Tahsin, tahfizh Al Quran, dan Al Hadits.
- Mengajarkan bahasa Arab secara natural dan menerapkannya di lingkungan sekolah.
- Menjadi sekolah yang diminati masyarakat.
NILAI PENERAPAN CAHAYA ILMU
- Cendekia
Membentuk dan mempersiapakan generasi yang tajam fikiran dan cepat tanggap terhadap situasi. - Ahlussunnah
Setiap individu Cahaya Ilmu yang meliputi pegawai sekolah, murid dan orangtua/wali murid harus menjunjung tinggi sunnah (jalan hidup) Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam sebagaimana yang telah dipegang dan diamalkan oleh As-Salaf Ash-Sholih (Sahabat, Tabi’in dan Tabi’ut Tabi’in). - Hanif
Senantiasa condong untuk istiqamah dan berpegang teguh pada ajaran Islam dan berpaling mengingkari sesembahan selain Allah). - Amanah
Cahaya Ilmu menjunjung tinggi amanah pendidikan yang telah dipercayakan masyarakat dengan cara membudayakan sikap ikhlas, disiplin, rela berkorban, teamwork, ilmiyah dan profesiona). - Yusrun (mudah) Cahaya Ilmu memegang prinsip “yassiruu wa laa tu’assiruu (mudahkanlah dan jangan mempersulit)”, menerapkan manajemen yang mudah, efisien dan efektif , mempermudah pelayanan customer, mendesign materi pelajaran agar mudah dipahami murid, serta “bersama kesulitan ada kemudahan”).
- Adil
Cahaya Ilmu menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, memberikan hak kepada yang berhak, menempatkan sesuatu pada tempatnya, menjauhi sikap diskriminatif, tidak membedakan suku bangsa, kekerabatan, warna kulit, status sosial, dan lainnya). - Ilmiyah
Cahaya Ilmu selalu berusaha menanamkan polapikir yang setiap perilaku kehidupan berdasarkan pengetahuan sebagaimana keadaan sebenarnya dengan pengetahuan yang pasti bersumber atau sejalan dengan Al Qur’an dan jalan hidup Nabi Shallahu alaihi wasallam. - Lemah lembut Cahaya Ilmu mengutamakan sikap lemah lembut di dalam pelayanan customer ( murid dan orangtua/wali murid), hubungan internal warga sekolah dan hubungan masyarakat, sehingga diharapkan terjalin ikatan batin yang kuat antara semua pihak dan tercipta lingkungan belajar yang penuh kasih sayang.
- Mandiri Cahaya Ilmu menanamkan dan berusaha dan berusaha bersikap percaya diri berbekal ilmu syar’i dan akademi tanpa kertergantungan trhadap yang dominan.
- Urutan satu Cahaya Ilmu berupaya maksimal untuk menjadikan lembaga dan civitas academicanya sebagai yang terbaik di bidang ukhrowi dan duniawi.
MOTTO SEKOLAH ISLAM CAHAYA ILMU
“Tumbuh Kembang di Atas Ilmu dan Amal”
KEPALA SEKOLAH
1.TK
2. SD
3. SMP
4. SMA
PENGAJAR
Tim pengajar TK-SD-SMP Islam Cahaya Ilmu merupakan pengajar linier alumnus Universitas dalam negeri yang berkompeten dan lulusan pondok pesantren ahlussunnah seperti: Ma’had Imam Bukhori, Ma’had al Irsyad Tengaran, al I’tisham DIY, dan pondok pesantren ternama lainnya.
PROFIL SISWA (Sudah sesuai)
PEMBELAJARAN
Mengintegrasikan Kurikulum Nasional K13 dan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) dengan Kurikulum Diniyah Khas sekolah. Diantaranya adalah Tahfizhul Quran, Tahfizhul Hadits, Tahfizhul Ad’iyah, dan Bahasa Arab.
Pembelajaran dilakukan dengan system yang berpusat pada siswa dengan guru sebagai fasilitator belajar.
- SUMBER BELAJAR (Sesuai)
- SUMBER BELAJAR (Sesuai)
- LINGKUNGAN BELAJAR (Sesuai)
- JADWAL HARIAN (Sesuai)
- PROGRAM PENDUKUNG (Sesuai)